MODIF DRAG YAMAHA JUPITER Z 200 CC

Body Paint : cat sikkens, clear sikkens
Bore Up : Piston HONDA TIGER
Coil : Standart
Camshaft : Hand Made
Carburator : Keihin 28 PE
Filter Carburator : K & N
CDI : BRT Dual Band
Piston : HONDA TIGER
Front Wheel : TDR 140'
Rear Wheel : TDR 160'
Front Tromol : Standar
Rear Tromol : Standar
Front Tyre : Swallow SLICK 60/80/17'
Rear Tyre : Swallow SLICK 60/80/17'
Front ShockBreaker : Hand Made
Rear Shockbreaker : YSS
Front SpackBoard : Standart
Rear SpackBoard : Standart
Brake Handle : Custom
Hand Grip : Kitaco
Deck : Standart
Knalpot : SND Racing
rahazia mekanik
Friday, January 14, 2011 9:48 AM
RAHASIA MEKANIK HANDAL
Oleh ratspeed
138
Ya inilah halaman dimana kita akan membuka rahasia menjadi mekanik handal yaitu :… Gemar bercanda :) Huakakaka :p pasti pada kecewa (huwww….) Ngapain sih terlalu serius, Jangan terlalu tegang, modifikasi mesin is FUN, ingat itu.
Dan ini adalah halaman dimana kita berbagi canda tawa dan keceriaan untuk melepas penat dan stress setelah setting mesin belum ketemu-ketemu juga n nyari info kemana-mana hingga akhirnya tersesat disini. Bisa dicetak trus ditempelin di kamar mandi, jadi tiap kita pusing/suntuk n mau kekamar kecil bisa tertawa lega. Setelah itu baru nge-Tune lagi. Kita juga berharap kalo kalian punya humor-humor lucu di share kemari lah :p
ini ada salah satu humor bagi kalian yang sudah punya pacar / istri, untuk membahagiakan mereka saya punya beberapa rahasia :
Untuk membuat wanita bahagia, seorang lelaki hanya harus bisa menjadi :
1. Teman
2. Pendamping
3. Kekasih
4. Kakak
5. Ayah
6. Tukang listrik
7. Tukang kayu
8. Tukang ledeng
9. Mekanik
10. Seksolog
11. Ginekolog
12. Psikolog
13. Pembasmi hama
14. Psikiater
15. Penyembuh
16. Pendengar yg baik
17. Ayah yg baik
18. Sangat bersih
19. Simpatik
20. Atletik
21. Hangat
22. Penuh pengertian
23. Pintar
24. Lucu
25. kreatif
26. lembut
27. Kuat
28. Pengertian
29. Toleran
30. Ambisius
31. Berkemampuan
32. Berani
33. Berkemauan kuat
34. Tulus
35. Dapat diandalkan
36. Berambisi
37. Penuh kasih sayang
JANGAN LUPA UNTUK :
38. Memberikan pujian secara rutin
39. Mengantarkan shoping
40. Berkata jujur
41. Sangat kaya
42. Dermawan
43. Tidak membuat stres
44. Tidak melihat wanita lain
DAN PADA SAAT YG SAMA, LELAKI HARUS :
45. Memberikan banyak perhatian kepadanya, tp tanpa mengharapkan sedikit perhatian darinya
46. Memberikan banyak waktu untuknya, terutama waktu untuknya sendiri
47. Memberikan banyak ruang untuknya, tidak pernah menghawatirkan kemana ia pergi
SANGAT PENTING :
48. Jangan pernah lupa :
* hari ulang tahun
* hari jadi
* perjanjian yg ia buat
BAGAIMANA CARA MEMBUAT PRIA BAHAGIA??
1. Telanjang
2. Bawa makanan
—————————————————————————————————————————————–
SLIMMING TEA
Seorang pemuda lugu yang akan menikah mendatangi kakeknya yang juga seorang tabib untuk berkonsultasi.
Pemuda: “Kek, sebentar lagi saya akan menikah, saya ingin Kakek memberikan nasehat-nasehat untuk menghadapi malam pertama nanti”
Kakek: “Menurut Kakek, kamu harus memberi pengalaman yang tidak dapat dilupakan oleh istrimu. Begini … untuk memuaskan istrimu, kamu harus memperbesar alat vitalmu agar istrimu menjerit-jerit nikmat… dan itu caranya mudah”
Pemuda: “Wah … gimana caranya Kek ? ” tanya si pemuda bersemangat.
Kakek: “Kamu harus merendam alat vitalmu dalam air teh setiap malam sampai sehari sebelum pertempuran”
Pemuda:”Wow … dengan syarat semudah itu saya pasti bisa membuat istri saya menggelepar-gelepar merasakan nikmatnya pukulan softball” seru si pemuda sambil membayangkan bagaimana jadinya istrinya jika terkena serangan alat vitalnya yang diharapkan menjadi sebesar pukulan softball.
Sang pemuda pun melakukan apa yang dinasihatkan oleh Kakeknya. Ia merendam alat vitalnya kedalam segelas air teh setiap malam. Ketika malam pertama setelah perkawinan sedang berlangsung, tiba-tiba terdengar jerit si istri pengantin baru.
Sang kakek membatin, “Wah … pasti cucuku sedang memamerkan senjatanya dan istrinya pasti menjerit karena kagum …”. Tetapi jeritan itu ternyata bukan jerit nikmat, tetapi jerit kesedihan.
Spontan sang Kakek mendobrak pintu kamar dan mendapati cucunya sedang terdiam lemas sedang istrinya menunjuk-nunjuk ke arah alat vital suaminya yang ternyata … walaupun panjang tetapi hanya sebesar pinsil.
Kakek: “Cu, alat vitalmu hanya sebesar pinsil. Kan Kakek sudah bilang, kamu harus merendamnya kedalam air teh setiap malam”
Pemuda: “Benar Kek, saya merendamnya setiap malam kedalam air teh”
Kakek: “Air teh apa ?”
Pemuda: “SLIMMING TEA – MUSTIKA RATU….”
=———————————————————————————————————————————————
Mertua Vs Menantu
>
> Alkisah ada seorang ibu dengan 3 menantu dari ketiga-tiga puterinya yang cantik-cantik, sang ibu mertua ingin tahu apakah ketiga-tiga menantunya itu sayang kepada mertuanya atau cuma putrinya saja.
>
> Dia lalu memutuskan untuk menguji mereka secara bergantian. Suatu hari dia mengajak menantu pertama naik perahu bermotor ke tengah laut. Di sana dia sengaja menjatuhkan dirinya dari perahu dan terlempar ke dalam air laut. Sang menantu tanpa berfikir panjang langsung terjun menyelamatkan ibu mertuanya.
>
> Besoknya ketika keluar rumah, sang menantu pertama melihat mobil Nissan Livina terparkir di depan rumah, dan sehelai kertas bertulis “Dari ibu mertuamu”.
>
> Giliran menantu kedua pula yang diajak ke tengah laut. Sekali lagi sang mertua pura-pura terjatuh dan terlempar keluar perahu. Menantu kedua ini melupakan pakaian dan dompetnya, langsung terjun demi menyelamatkan mertua tercinta.
>
> Besoknya di depan rumah menantu kedua melihat terparkir Toyota Alphard, disertai sehelai kertas tercatat tulisan, “Dari ibu mertuamu”
>
> Ketika giliran menantu ketiga diajak ke tengah laut, sang mertua kembali melakukan gerakan terjun bebas. Tapi, malangnya kali ini sang menantu bercekak pinggang memandang ibu mertuanya yang tercungap-cungap di dalam air.
>
> Seraya dia berkata, “Rasakan kau!”, sambil berputar membawa perahunya ke darat. Besok harinya ketika menantu ini keluar rumah, di depan rumahnya terparkir Mercedes Benz S-Class terbaru beserta kertas bertuliskan, “Dari ayah mertuamu”.
——————————————————————————————————————————————-
Budi membawa istrinya, Nita, ke dokter dan berkata:
> “Tolong kami Dok. Nita sudah lima bulan ini tidak mau melayani saya di atas ranjang”.
>
> Dokter berkata:
> “Tolong Bapak Budi tunggu di luar, biar istri Anda bisa bicara bebas dengan saya”.
>
> Setelah Budi keluar, Nita bercerita :
> “Sejak lima bulan ini, setiap pagi saya harus ke kantor naik taksi.., padahal saya tidak punya cukup uang Dok…. Lalu sopir taksi yang saya tumpangi bertanya, ‘Kamu akan bayar atau bagaimana…?’. Jadi saya pilih aja bagaimana Dok….”.
>
> Lalu Nita melanjutkan :
> “Akibatnya saya masuk kantor jadi terlambat. Bos saya menegur, “Kamu mau diberi surat peringatan atau bagaimana…?”. Saya sih pilih bagaimana Dok….”
>
> Nita menarik nafas dalam dalam dan melanjutkan :
> “Pulang kantor…, saya naik taksi lagi, tapi nggak punya duit Dok…
> Sopir taksi berkata, ‘Kamu mau bayar atau bagaimana..?’. Ya saya pilih lagi bagaimana..”.
>
> Begitu setiap hari Dok…, jadi setibanya di rumah saya sudah capek dan tidak bernafsu lagi”.
>
> Setelah berfikir beberapa saat Dokter pun berkata :
> “Jadi… kita akan memberitahu suamimu sekarang atau bagaimana…?”.
>
vega
Friday, January 14, 2011 9:45 AM
Konsep Utama Modifikasi - Hukumnya wajib :D
Sungguh nikmat merasakan berkah di bulan Ramadhan — begitu banyak kesempatan riset korek mesin tiada henti berdatangan. Pula rasa syukur tak henti kami panjatkan bagi ALLAH SWT, Tuhan semesta alam, atas limpahan rahmatmu kami dapat berkarya. Dan atas izinMu kami masih dapat berbagi, bersedekah ilmu untuk semua sahabat se – Indonesia :) Apa kabar semuanya? Yang disabang? Yang di Merauke? Kami di sidoarjo nya masih terus terendam Lumpur nih… Hahaha! Apa pemerintah udah pada lupa? Woi jangan bikin gedung DPR cuma buat pindah tidur :D Bangun-bangun, sahur!!!
Kesempatan kini datang dari penyemplak motor Yamaha Vega R milik mr. V yang tergabung dalam club V1VA Surabaya, pemuda tampan, pendiam, memakai kacamata, menyambangi markas R.A.T yang dipenuhi pemuda berbadan gelap penuh olie, dengan gagah berani meminta order vega nya untuk di korek kencang buat turing. Busyet ternyata meski body vega nya di motif cutting sticker bunga-bunga gini, empunya gila kecepatan. Kami pun berdiskusi konsep kerja yang akan dilakukan, setelah diajukan proposal , “Bayar-nya nyicil ya mas, ” bisik sang empu pelan. “Gapapalah , pokoknya 3 x , pagi-siang-sore Lunas! Hehehe… ” jawab saya, lalu kita tertawa bersama. Nah, tertawalah sebelum tertawa itu dilarang. Modif lah sebelum modif mesin dilarang. oWokWokokWok… :D
Bunga-bunga tak berarti banci :D
Konsep mesin touring adalah kencang tapi juga awet, dan sewaktu-waktu ada trouble sparepartnya mudah didapat. Tapi inti modifikasi menjadikan laju motor kalau lari ber iring-iring tidak ketinggalan dengan karib lain. Berarti konsep motor harus mampu terus bernafas di trek yang cukup panjang, lumayan lah buat riset kalau ada order buat mesin balap dari jakarta yang main 800 meteran wkwkkw… ngimpi – ngimpi. :) Lagipula jalan ke arah bandara Juanda lempeng banget kalau dibuat test ride. Oke deh, plafon budget disetujui, tinggal tugas mekanik mensiasati budget yang ada.
Klep Standard dibubut layaknya klep Racing :D
Motor ditinggal, sang mr. V – kok perasaan ga enak nyebut inisialnya, untung bukan cewek , bisa jadi miss V donk,, hayoo yang baca siang-siang jangan mikir jorok. Uhhhuuyy… head silinder langsung dibuka perlahan- satu demi satu bautnya dikendorkan, dilepas, dibuka.. dipelorotkan dari baut tanamnya, hingga terlihat baut yang mulus dan basah terbasuh oli itu, hahahha cerita apaan sih. Dah intinya diperetelin untuk diantar ke bengkel bubut Dhaha Putra Teknik, langsung menuju ke pojok kiri belakang, tempat mas Amin bersarang!
Kita order pemakaian katub shogun, dengan panjang batang klep 67 milimeter, kita buat muncul klep nya 29 milimeter dari pangkal head, gap dibuat 4.5 milimeter mas. “Bentuk kubah ruang bakar seperti biasanya ya mas ” pesan saya mengerling kan kode rahasia , hehehe.. ini yang tetep bikin dapur bini ngebul :D wkwkwkw…
Porting kotak - kotak - kotak , :D
Gap lebar layaknya pacuan motor road race, berguna untuk mendapat area overlaping yang tinggi , sehingga tenaga di putaran atas membaik. Disokong oleh aplikasi untuk pir katub milik CS-1 agar tidak terlambat mengembalikan klep exhaust di putaran 10.000 RPM. Sayangnya kok telat nemuinnya, malah pakai pir katub shogun sempat patah pir katub nya kena lobe lifter cam 7 milimeter, hasil dari pemangkasan noken as 1.5 milimeter. Untung ga patah klep nya, fffiiuuhhh… Kalau penari dangdut goyang patah-patah mah, aaajjjiiibbb :D
Kalau ini head jupiter buat Bore Up 200 cc milik guruku :D cak Bayu "Tape" Hi Speed Performance
Area intake port kita papas 5 milimeter, porting dibuat kotak – maunya meniru desain suzuki satria Fu150, hehehe… kebanyakan garap mesin FU jadi keblinger gini ^_^ eh, ternyata enak banget kok :D Sekali-kali gak ngikutin Graham Bell kan gak dosa :) Terpenting kita tahu prinsipnya, yang diinginginkan adalah aliran udara berkelok kesamping, bergumpal di area dekat bushing klep, lalu dihajar membentuk badai homogenus masuk ke silinder saat katub terbuka. Malahan menurut david vizard, asimetrical porting akan membantu membentuk swirl, dan dari buku teori dasar mesin torak, efisiensi ruang bakar yang mampu mencegah detonasi adalah campuran udara/bahan-bakar yang berputar ter-aduk2 dalam silinder. Oleh karenanya kita berani mematok perbandingan volume yang disapu dengan volume yang ditinggalkan hingga 11.5 : 1.
Tak lupa teknik modifikasi terbaru kita terapkan, valve back cut, ini kuncian yang menambah efisiensi area porting menjadi sebesar 30%, area kiri – kanan bushing klep kita lebarkan 110 % dari diameter klep intake. Hasilnya, Nafaaaaassss terus gak habis-habis motornya, puncak kecepatan 120 KPJ di gigi 3 kemudian pindah ke persneling final masih mau ngepot ban belakangnya waktu saya menguntit mas wawan yang ngebut test ride pake vega, sedangkan saya pake MX 135 cc korek ringan sudah nyerah, ngeri…!!! Mas wawan pun melesat makin jauh… Lucu juga ngeliat pantat mas wawan nungging di depan gitu hahaha! dasar bapaknya Attaya, besok kalau anaknya udah gede, biar ini jadi cerita buat dia kalau ternyata dulu bapaknya mau jadi pembalap gak kesampaian hahhaha :D
Wawan RAT :: Tertidur pulas disamping vega karyanya
Padahal jantung dapur pacu mesin Yamaha Vega ini hanya kita rubah memakai piston kawasaki kaze oversized 1 milimeter, piston ini masih menjadi andalan dari jaman dulu, hanya sekarang tinggal bagaimana pintar kita mensiasatinya. Disini serunya, karena blok vega lebih rendah 2 milimeter dibanding Jupiter Z atau Vega R new , inilah kesempatan membentuk dome pistonnya layaknya piston FIM – izumi. Piston yang muncul dari blok di beri tanda garis dengan pisau, piston direndahkan hingga 0.5 milimeter dibawah garis itu, dan dome yang terbentuk dilesakkan ke dalam ruang bakar. Mantep To, enak To… :) Tak lupa speeling kedalaman coakan klep pada piston diberi lebih dalam + – 1 milimeter dari posisi overlaping klep. Kalau menurut Tom Monroe, dalam bukunya Engine Builder Handbook, sebaiknya kedalaman coakan klep exhaust pada piston diperdalam, karena kecenderungan klep buang dalam posisi turun hanya mengandalkan kekuatan pir klep untuk mengembalikan posisinya, jika terlambat maka fatal akibatnya – merusak head-klep-piston-liner. Sudah sadar kan, kenapa seringkali klep buang yang mengalami kebengkokan atau bahkan patah? Ya-ya-ya ndak perlu berterimakasih begitu…
Blok pendek, piston bisa dibuat nge-dum :D
Dengan jantung sebesar itu, potensial kubah ruang bakar masih bisa dipacu dengan katub milik Honda sonic dengan dimensi 28 / 24, tapi toh ini untuk riset siapa tahu dapet pesenan juga untuk bikin mesin MP 3, kan dengan katub 26 / 22 , anggap aja motor pembalap pemula tapi tetep kudu bisa galak :) Supplay bahan-bakar masih mengandalkan milik jupiter z, pilot jet # 25, main jet # 110. Tanpa reamer, intake manifold standard. Box filter terpasang supaya debu tidak tersedot waktu motor dibawa ngebut nyalip bus, atau truk. Gasss terus pokoknya.
Ubahan lain di sektor kampas kopling, kita mengandalkan kampas kopling racing dari Indopart, pir kopling dari motor jambret, yamaha RX-KING, balancer 900 gram. Magnit standard, cdi 4st, coil standard. Tidak ada yang istimewa memang, toh butuhnya hanya transfer tenaga. Lebih dahsyat langsung ubah gigi rasio , ditata pada sekunder nomor 3 dipakai mata berjumlah 30. Membuat reduksi dari gigi 2 ke 3 lebih rapat dan cepat, dan masih menyisakan nafas pada gigi 4. Hasil top speed jarum speedometer mentok cukup lumayan lah, digapai dengan mudah melalui final gir depan 15 – belakang 35.
Antrian head untuk dibubut, tukang bubutnya ngopi di warkop sama saya hahahhaha :D
Muffler dipercayakan oleh bang Zaeni, dimodel megaphone, untuk mengejar putaran atas, silinser mengerucut kecil, pipa 25 milimeter pada leher, disambung 27 milimeter di step ke – 2, silinser 15 milimeter adalah lubang kasa, dengan jumlah lubang pada pipa 16 buah dengan diameter 6 milimeter.
Cak Agus, lagi sibuk mendesainkan knalpot orderan mas wawan R.A.T
Ffffiiiiuuuuhhhh… kayanya ketagihan nih bikin motor trek panjang, kapan dapet orderan jupiter lari 185 kpj, ya… rasanya bukan mimpi kalau dana nya ada… :) Itu rahasiamu saja ya Allah, dan kami bersyukur atas apa yang telah ditorehkan hari ini.
drag mio
Friday, January 14, 2011 9:42 AM
Alhamdulillah,
Puji syukur selalu tak henti kami panjatkan ke hadirat Allah Swt, Tuhan semesta alam yang telah mendatangkan rizQy meski begitu jauh jaraknya. Adalah mr. Z, datang dari kota Bojonegoro, melancong jauh ke Sidoarjo demi merapatkan barisan ke mabes R.A.T Motorsport dan menjalin silaturahmi. Awal mula kedatangan mr.Z ke bengkel sebenernya tertarik dengan paket modifikasi Ramadhan, tapi setelah ngobrol-ngobrol di bengkel dan saya tunjuk lihat knalpot made in RAT untuk mio bore up, pak boss yang juragan persewaan Playstation ini menjadi tertarik memasangnya, wah.. rencana modifikasi sederhana jadi dicanangkan lebih bermakna. Jadilah saya jelaskan proposal Bore Up Irit yang sedang trend untuk motor matic, apalagi di salah satu tabloid mengulas modifikasi ini 1 halaman utuh, saya bisikin kalau kita bisa bikin yang lebih yahud mas… minat?! :)
Modal utama kencang 2010 :: Big Piston hi dome - Valve Back Cut - MARLBORO merah hahaha
Wah, dengan mata berbinar-binar mr.Z langsung mengeluarkan dompet dan memeberi down.payment modifikasi. Setelah itu, diantarlah sang boss ke terminal bungurasih, sambil melambaikan tangan kita pun melepas beliau pergi, hati-hati dijalan boss… jangan melamunin mio nya, nanti kecopetan repot jadinya… hahahaha… sedangkan mio nya ditinggal di garasi kita, sendirian, tanpa bantuan, tak berdaya, membuat kita gemess tak sabar untuk menjamahnya.
Porting in 22 mm, di throat area sekitar 20 mm, memuncak di 8500 RPM
Obeng, kunci T, kunci Y, kunci ring-pas, wah langsung diberdayakan semua, kalau dishooting mungkin kaya di acara film Pimp my Ride nya MTV itu, body langsung dibongkar, head dan blok dicopot, diperetelin, diinspeksi, dibersihkan dari kerak… baru kita lakukan pengukuran. Sadaaappp… Apa sih yang diukur? Tentu saja, desain ruang bakar, desain jalur pemasukan dan pembuangan relatif terhadap katub , piston, dan stroke. Kemudian hal terpenting adalah mencatat timing buka – tutup noken as standard berdasarkan kompresi bawaan. Mengapa penting untuk tahu spesifikasi standard motor sebelum kita kerja? Tentu engineer jepang membekali motor ini dengan sebuah karakter tersendiri, memahami dasar fungsi – tujuan dan cara kerja akan membawa kemudahan bagi kita melangkah meski seandainya suatu saat kita disuruh bongkar harley davidson… wahahhahahahah Ketinggian terbangnya om… :D
Piston standard langsung dilengserkan oleh milik Honda GL MAX Neotech berdiameter 56,5 milimeter aja, kenapa pake piston ini, ga seperti yang dulu pakai honda SONIC? Ya karena kita bosen bikin yang 150 cc, sekali2 bikin cc ga terlalu besar sehingga banyak perangkat standard bawaan motor seperti klep, pir klep, karburator, cdi dan knalpot hingga masih bisa didaya gunakan. Kedua, piston motor sport honda ini terkenal bandel, selain dimensi pin piston sama 15 milimeter, ketebalan dagingnya + jenongnya ini adalah potensi untuk dibuat mantap mendorong ledakan di ruang bakar. Buktinya piston ini juga laris untuk motor-motor spec semi buat balian jupiter z, hehehe… tapi awas bulan puasa begini banyak razia.. :) KABURRRR !!! hahahah…
Noken as street mio
Piston lebih gede klep ga harus ganti gede bang? Seharusnya kalau ganti gede tenaganya pasti lebih ngeriii… berhubung ini paketnya bore up irit, irit di kantong juga jadi ga usah pake klep gede. Cukup mengandalkan teknik back cut pada klep bawaan standard mio, sudah lumayan untuk menambah flow sehingga motor tidak cepat tersedak dan mampu terus bernafasss… Back cut valve technique ini saya dapat dari hasil pembelajaran online juga lho, berdiskusi dengan engineer lain dari bengkel TRB di bilangan Klaten Jawa-Tengah yang dikenal dengan panggilan om Londo, pencipta Shogun Desmodici ala DUCATI dan pemahaman porting Thermal Efficiency, wis pokoknya ilmunya berat… :) muntah2 kalok dijelasin sekali susah ngerti, apa dasar kita nya yang lemot ya hahahah… cerita selengkapnya bisa diliat di catatan facebook saya : KLIK DISINI
Perkawinan piston GL neotech supaya aman di blok cylinder mio sebaiknya diiringi penggantian liner nya juga, pake liner GL tentunya. Diameter luar liner 61 milimeter , cukup tebal menyelimuti piston supaya tetep adem. Untuk mengatur kompresi statis mesin, kita melakukan pembubutan pada dome piston diturunkan 2 milimeter, pula jarak dari pen ke tepi piston kita turunkan 2 milimeter, disiku 9 derajat baru dibikin jenongnya masuk kubah dengan selisih 1 milimeter tiap sisi. Jangan lupa pantat piston dipotong 5 milimeter supaya saat piston bergerak ke TMB tidak bertumbur dengan daun kruk as. Cylinder head pun mengikuti dengan pembuatan squish dengan diameter 56 milimeter, 9 derajat, tak lupa klep dibenamkan 0.5 milimeter, ini digunakan untuk menurunkan kompresi dan memberi gap aman saat klep overlaping. Noken as kita papas ulang dengan pencapaian lobe lift setinggi 5.9 milimeter, durasi dibuka 5 derajat dari standardnya. Porting inlet dibuat selebar 22 milimeter untuk mengakomodasi putaran mesin puncak yang dipatok di 8.500 RPM. Tidak lupa pir klep kita tambahkan inner spring milik honda CS-one, menjaga agar katub tidak mengambang yang dapat berakibat fatal untuk mesin 4 langkah. Dengan ubahan seperti ini, mesin tampak luar standard, manis sekali… alim.. padahal Brutal. Kalok bahasa jawanya , ngglendemi… hahaha… alias diam-diam menghanyutkan :)
Blok dipasang untuk mengukur dek klirens dan tinggi dums
Selesai ketemu settingan karburator yang masih mengandalkan bawaan pabrik dan calah kerenggangan klep nya, kita beralih ke sistem penerus daya sentrifugal. Demi mengoptimalkan muntahan tenaga, pir cvt bisa menggunakan keluaran TDR racing yang 1.000 RPM, dengan pir kampas sentrifugal 1.000 RPM, roller diadopsi dari KAWAHARA dengan bobot 9 gram. Sebenernya untuk kesempurnaan modifikasi bisa merubah sudut puli nya, atau beli kit dari aftermarket. Berhubung lagi paket Mur-mer-Ceng.. jadi perangkat lain standard ting-ting.
9 gram x 6
Knalpot matic kali ini kita pasrahkan untuk didesain oleh bang Zaeni, yang workshop knalpotnya ada di daerah dukuh kupang, ini daerah dekat LOKALISASI terbesar se Asia Tenggara – Dolly – hahaha… itu pula sebabnya kalau saya pamit ke istri hendak pergi ke dukuh kupang, selalu di curigai, padahal papa mau bawa motor bikinin knalpot biar setingannya pas – pelanggan puas – dan dapet duit halal – baraqah biar dapur tetep ngebul… ciah…. nelangsa amat kedengarannya hehehe… :D
Knalpot MIO by RAT MOTORSPORT
Desain untuk motor matic sebisanya pakai leheran yang ga usah terlalu gede, baru mendekati akhir muffler pipa di gradasi melebar, kalau request kita mintanya dibikin las cacing kaya knalpot thailand, saya tunjukkan fotonya, masa kita kalah sama thailand, gak mau lah… sorry lah ya.. ayo bang usahakan,.. las dengan semangat!!! :D
Syukurlah sudah jadi, tinggal pulang, menuliskan nota, sms ke pak boss supaya motornya diambil… bayaran deh… CCccccIIIiiTTTzzzz… waduh, mobil depan ngerem mendadak hampir aja nyungsep gara-gara mainin gass , Mio BORIT ala RAT oke juga .. 1/4 gass langsung nyruntulll … hahaha
Tetap Sehat – Tetap Semangat , Biar Bisa Modifikasi Mesin Tiap Hari
Lorenzo scores a hat-trick with emphatic home win
Friday, January 14, 2011 9:35 AM
MotoGP Report
Lorenzo scores a hat-trick with emphatic home win
Jorge LorenzoJorge Lorenzo took an emphatic home win in front of a passionate Catalan crowd at Montmeló this afternoon, his fifth victory of the season and third in a row. This means that Yamaha now has more wins than any other manufacturer in the four-stroke MotoGP era, with 57. Wataru Yoshikawa, standing in for the injured Valentino Rossi, put in a brave performance to finish 15th in extremely hot conditions, taking a championship point in the process.
Starting from pole, also for the third consecutive race, Lorenzo lost ground to Dani Pedrosa into turn one but his fellow Spaniard then ran wide, leaving the Fiat Yamaha man in the lead. The next few laps saw Lorenzo at the head of a tight trio, as Andrea Dovizioso and Casey Stoner pushed hard to stay with him. Early on lap four the Italian Dovizioso briefly got his nose in front but Lorenzo soon got back by him to lead once again the next time around. On lap six the trio became a twosome when Stoner ran off track, but it looked like Lorenzo might have a battle on his hands as Dovizioso showed no signs of letting him get away. With ten laps to go however Dovizioso crashed out, leaving Lorenzo nearly six seconds clear of Pedrosa in second. From then on it was just a case of keeping his head as the tyres started to slide more and more in the extreme heat, but the 23-year-old is a cool customer these days and he eventually flew over the line 4.754 seconds ahead of Pedrosa, with Stoner third. Lorenzo has taken a hat-trick of wins once before in his career, in his 250cc days, and is the first Yamaha rider to take three wins from three poles since Eddie Lawson in 1986.
Having not raced competitively since 2002, Yamaha test rider Yoshikawa was faced with a near impossible task this weekend in the testing conditions at a track he had never seen before. The 41-year-old fought on to the finish however, gathering important information for the M1's future development in the process, and was rewarded with a championship point for his efforts.
Lorenzo now has an impressive 52-point lead in the standings ahead of Pedrosa, whilst Rossi drops to seventh after missing four races. Following three punishing weeks on the road, the MotoGP paddock now has a ten-day rest before it reconvenes at the Sachsenring in Germany for round eight.
Jorge Lorenzo - Position: 1st Time: 43'22.805
"This is very special. After losing so closely last year I was happy but not completely so and today I can say I am completely happy, winning here at my home race. It was very difficult today because it was so hot and the front tyre was sliding a lot. I thought I was going to have a big battle with Dovizioso because he was pushing very hard but then he crashed and I was alone; it was lucky for me because then I was able to take it more gently to the finish. I think I rode a clever race today. I am so grateful to my team and to everyone at Yamaha and Bridgestone because they are working so hard to make our bike competitive at every track. I also want to say thank you to all the fans that came to watch today, it is a great feeling for me to win here in front of them all."
Wataru YoshikawaWataru Yoshikawa - Position: 15 Time: +1'35.237
"It was really hard to ride in the heat plus after eight years without racing 25 laps is a lot, but I am really happy to finish and to win one point. I hope that this experience will help me at Sachsenring and in my future work. I have really enjoyed working with the best team in the paddock; they were quick and professional at the same time as being relaxed and friendly and the atmosphere in the garage was great. I am glad that I have had the chance to work with them."
Wilco Zeelenberg - Team Manager
"What can we say? Five races won out of seven, three in a row...it's amazing. I was a little bit worried about this one because it's Barcelona, Jorge's home track and there was maybe a little bit more pressure for him, I think he was even a little bit nervous! But finally we decided to use the same tyre as the others and just go for it. He was under pressure from Dovizioso plus Moto2 had changed the grip conditions quite a lot so the race pace was quite a lot slower, but he was clever and smart, stayed on two wheels and won the race. Well done to him and to our whole team."
Davide Brivio - Team Manager
"We are really happy that Wataru was able to finish and he really deserved this championship point. He did very well this weekend in an extremely difficult situation; it was very hot, he's been away from racing a long time and he didn't know the track so I think he can be happy with what he has achieved."
Jawara Super Sport yang Unik
Friday, January 14, 2011 9:32 AM
Fadli - Super Sport 600ccDalam dunia balap Indonesia, siapa yang tidak kenal dengan M. Fadli. Pemuda kelahiran Bogor, 25 Juli 1985. Desember ia lalu memutuskan bergabung dengan tim Petronas Yamaha. Pembalap berkulit kuning langsat ini, menilai Yamaha sebagai konstruktor tim balap yang tangguh dan dapat memenuhi ambisinya berdiri tegak diatas podium sebagai jawara. Alhasil di Sirkuit Internasional Sentul (4/4), pemuda berumur 25 tahun ini mumbuktikan keputusan tepatnya dengan bergabung di tim Yamaha yang ahirnya dapat menjuarai Race Super Sport 600 cc dengan total time race 31 menit, 42,526 detik.
Anak kedua dari Tiga bersaudara ini, memulai karirnya dari tahun 2002 lalu.bersama tim pabrikan lain. Penyuka musik pop alternatif ini banyak meraih penghargaan, diantaranya saat edisi perdana Indoprix, Fadli memborong dua gelar dikelas bergengsi MP1 (110 cc) dan MP2 (125 cc), Runner Up Kejurnas SuperSpot 600 cc 2009, dan sederet prestasi lainnya.
"Bersama Yamaha saya ingin juara di tingkat Asia yang tahun ini saya ikuti, meskipun saya tahu harus diraih dengan kerja keras" ungkap anak pasangan Edi Satria dan Nunung Nurjanah ini saat ditanya motivasinya bergabung di tim Yamaha. "Bobot motor Yamaha jauh lebih ringan dari pada bobot motor saya sebelumnya, membuat saya lebih mudah untuk mengendarai" jelas pembalap yang sangat mengidolakan Valentino Rossi ini.
"Tidak ada masalah, hanya adaptasi dengan tim, sejauh ini asik-asik aja kok" jawab pemuda yang pernah menginjak bangku kuliah walau hanya dua semester ini, saat ditanya kendala bergabung bersama di tim petronas Yamaha. Menurutnya, Yamaha bisa membuatnya lebih optimis dalam memenangkan kejuaraan.
"Sebelum balapan saya gak bisa makan, yah nervous gitu, karena saya punya tanggung jawab moral kepada tim, sponsor dan tanggung jawab pribadi untuk memenangkan setiap balapan" cerita Fadli dari mottonya ini.
Thursday, January 13, 2011 4:20 PM
YAMAHA JUPITER Z “JDM” KUEREN JUGA EUY!!!
Thursday, January 13, 2011 9:33 AM
Posted: November 10, 2010 by oto2 in custom bike, modifikasi
16
Masih belum juga ketemu Jupi Z new yang diutak-atik gaya JDM, kayaknya versi lamanya juga keren dimodel ini…
besutan punya Pendek dari BCAC Karanganyar ini enak juga buat dipelototin.
WARNA ABU-ABU
Dari warna yang diambil abu-abu bulu kera buat cover bodinya yang disambung dengan cutting stiker khas JDM garapan XS Art Solution Karanganyar.
CUTTING STIKER MIRROR EFEK
cutting stikernya dipakai model mirror efek logo Greedy yang dipakai warna krom. hasilnya keren abis.
SPEK MODIF:
SOKBEKER DPN: Yoshimura, SOKBEKER BLK: Monosok MX, SWINGARM: Supertrack, CAKRAM DPN/BLK: PSM, PELEK DPN/BLK: Sprint 17″, BAN DPN/BLK: Swallow Dragblaster 50/90-17, KNALPOT: Variasi Mobil, SEINLAMP DPN: Supra X 125, FILTER UDARA: Koso, CUTTING STICKER: XS Art Solution, Karanganyar, Solo (085229082779)
foto: Ototrend
Like
Be the first to like this post
MOTOR DRAG
Thursday, January 13, 2011 9:29 AM
Posted: Januari 4, 2011 by oto2 in custom bike, modifikasi
4
Ini dia maskot Oto2Custom yang tahun kemarin sampai ke final battle kontes HOCS di Surabaya. Meskipun nggak dapat the King, tim Oto2 chapter II masih bisa bangga cus dapet beberapa penghargaan termasuk the best inovasion karena mengusung konsep cakram depan BIB.
Konsep modifnya sih kena gaya modif Gajah Putih yang suka dengan tampilan drag race. Dinamis ‘n menarik cuz full corak warna yang menyolok. Apalagi pengereman depannya ini dibikin ala BIB atau Beringer Brake system, yaitu cakram di dalam tromol. Kalau di luar negri dipakai di moge, di dalam negri dipakai ke Honda Beat hasil hand made. Bikinnya juga presisi dengan menganbil bahan yang terbatas di pasaran variasi, namun hasil akhirnya nggak kalah beda lho!. “Buat bikin gini sampai 2 mingguan, karena banyak mengubah konstruksi dudukan cakram dan kaliper, tapi untung sekarang banyak order buat bikinkan cakram model BIB ini.”
Sisi belakang dipakai tromol berdiameter mini bekas tromol depan yang pemasangannya mesti menambahi bos lubang gigi suri bekas jebolan tromol Beat orisinil. Penanaman bos gigi suri ke dalam lubang tromol ini dilakoni dengan bantuan mesin bubut agar didapat kepresisian serta kekuatan sempurna.
Setelah rampung maskot Oto2Custom ini kini siap dilego, buat yang pengin memilikinya, cepet dah dikontak ke email oto2custom@gmail.com atau ke FB oto2custom.
Sumber: ototrend, foto: oto2custom
SPEK MODIF
FORK : SRK, DISC DPN : Ride It, MASTER-KALIPER : Brembo, TROMOL DPN : CNC, SOK BLK : YSS, VELG : Osaki, BAN : Swallow Drag Blaster, CDI : BRT, KNALPOT : SND, STABILISER : Marathon, BRUSHER & MODIFIKATOR : Oto 2 Custom Chapter II Jl.Arwana (depan garasi Akas) Jember.
Like
2 bloggers like this post.
Mr_Long'S azizyhoree
JUPITER Z NEW
Thursday, January 13, 2011 9:26 AM
Posted: Januari 1, 2010 by oto2 in desain, versus
80
“SELAMAT TAHUN BARU 2010 !!!!!” pas banget masuk tahun baru, Oto2custom ngucapin semoga makin sukses buat semua pecinta dan bloger senusantara pecinta modifikasi. udah lama jarang update gara-gara sibuk n kena demam mafia war.. wekekekeke…jadi agak lemot nih utak-atik blog lagi. hehehehee…n buat semangat tahun 2010 yang tahunnya macan tembaga, yuk mesti semangat. ya..ya..buat pembuka tahun layak banget kalo produk baru New Yamaha Jupiter Z (udah gue tungu lama keluarnya, cape deh), pas ditarungin produk baru Kawasaki Edge yang gres desain bodinya. diutak-atik di desain virtual biar munculin ide ngemodif bro semua, oakley!
desain yang diatas, pas buat yang suka besutan elegan nggak banyak ubahan, cukup main cantik di warna bodi dan kaki-kaki asesoris.
desain Jupi yang kedua, agak berat. buat yang demen gaya low rider dengan kaki-kaki besar.
buat versusnya nih desain di bawahnya,,, KAWASAKI EDGE versi racing style
bentuk bodinya yang agresive dan tajam pasnya memang diubah tambah macho bergaya racing rois atau MotoGp.
terakhir, si Edge bergaya supermoto. kakinya jangkung dengan knalpot undertail.
so menurut bro semua, mana nih yang paling keren??????
Like
Be the first to like this post
JUPITER Z
Thursday, January 13, 2011 9:22 AM
MODIF DRAG YAMAHA JUPITER Z 200 CC
YAMAHA JUPITER Z DRAG SPECIFICATION MODIFIED :
Body Paint : cat sikkens, clear sikkens
Bore Up : Piston HONDA TIGER
Coil : Standart
Camshaft : Hand Made
Carburator : Keihin 28 PE
Filter Carburator : K & N
CDI : BRT Dual Band
Piston : HONDA TIGER
Front Wheel : TDR 140'
Rear Wheel : TDR 160'
Front Tromol : Standar
Rear Tromol : Standar
Front Tyre : Swallow SLICK 60/80/17'
Rear Tyre : Swallow SLICK 60/80/17'
Front ShockBreaker : Hand Made
Rear Shockbreaker : YSS
Front SpackBoard : Standart
Rear SpackBoard : Standart
Brake Handle : Custom
Hand Grip : Kitaco
Deck : Standart
Knalpot : SND Racing
SETING KLAP
Thursday, January 13, 2011 9:16 AM
« Awas Palsu!!!
Trik 6 Speed »
Atur Katup Dan Sitting Klep
207klep-dok-1.jpgSebagai pembuat klep racing TK yang banyak beredar di pasaran, Suwarno Harjo Setio punya rasa tanggung-jawab. Memberi panduan bagi pengguna klep racing supaya didapat hasil yang maksimal. Terutama mengatur ulang bibir payung klep dan sitting klep.
Mengatur bibir payung klep dan sitting klep tidak hanya terjadinya keklopan antara katup dengan dudukan. “Tapi bisa memaksimalkan aliran atau flow gas bakar,” jelas Koh Setio dari markasnya di Polaris Variasi di Jl. Kebon Jeruk III, Kota, Jakarta Barat.
Koh Setio merujuk buku Four-Stroke Performance Tuning karangan A. Graham Bell. Sebagai penerjemahnya yaitu Chandra Sopandi si ‘Master of Valve Setter’ dari bengkel bubut Master Tjendana di Jl. Pagarsih, No. 146, Bandung.
Sebagai panduan, Chandra memberikan gambar dari klep isap lebih dulu. Mulai bicara dari klep dulu ya. Perhatikan bagian A yang disebut margin klep. Menurut Chandra yang merujuk Graham, katanya tebal permukaan ini 1 s/d 1,5 mm.
Katanya, di klep isap standar jarang menjumpai ukuran setebal ini. Bahkan oleh mekanik biasanya bagian ini dibikin tipis. Bahkan ada mekanik yang berani dibikin tirus dan disebut klep jingkrak. “Dimaksudkan lebih ringan. Namun berisiko cepat rusak lantaran nggak kuat menahan impact beradu dengan sitting klep,” jelas Chandra yang agak ganteng itu. 206klep-racing-dvd-1.jpg
Selanjutnya masih di payung klep terdapat bagian ‘B’ atau seat. Bagian ini membentuk sudut 45 derajat dan bersentuhan dengan sitting klep. Ketebalan bagian ini rentangnya 1,9 sampai 2,28 mm.
Masih di payung klep bisa dilihat bagian ‘C’ back cut yang membentuk sudut 30 derajat. “Bagian ini ketebalannya bebas saja. Tergantung dari radius pertemuan antara batang dan payung klep,” jelas Chandra yang mendambakan pasangan hidup baik hati itu.
Sebagai pembuat klep racing TK yang banyak beredar di pasaran, Suwarno Harjo Setio punya rasa tanggung-jawab. Memberi panduan bagi pengguna klep racing supaya didapat hasil yang maksimal. Terutama mengatur ulang bibir payung klep dan sitting klep.
Mengatur bibir payung klep dan sitting klep tidak hanya terjadinya keklopan antara katup dengan dudukan. “Tapi bisa memaksimalkan aliran atau flow gas bakar,” jelas Koh Setio dari markasnya di Polaris Variasi di Jl. Kebon Jeruk III, Kota, Jakarta Barat.
Koh Setio merujuk buku Four-Stroke Performance Tuning karangan A. Graham Bell. Sebagai penerjemahnya yaitu Chandra Sopandi si ‘Master of Valve Setter’ dari bengkel bubut Master Tjendana di Jl. Pagarsih, No. 146, Bandung.
Sebagai panduan, Chandra memberikan gambar dari klep isap lebih dulu. Mulai bicara dari klep dulu ya. Perhatikan bagian A yang disebut margin klep. Menurut Chandra yang merujuk Graham, katanya tebal permukaan ini 1 s/d 1,5 mm.
Katanya, di klep isap standar jarang menjumpai ukuran setebal ini. Bahkan oleh mekanik biasanya bagian ini dibikin tipis. Bahkan ada mekanik yang berani dibikin tirus dan disebut klep jingkrak. “Dimaksudkan lebih ringan. Namun berisiko cepat rusak lantaran nggak kuat menahan impact beradu dengan sitting klep,” jelas Chandra yang agak ganteng itu.
Selanjutnya masih di payung klep terdapat bagian ‘B’ atau seat. Bagian ini membentuk sudut 45 derajat dan bersentuhan dengan sitting klep. Ketebalan bagian ini rentangnya 1,9 sampai 2,28 mm.
Masih di payung klep bisa dilihat bagian ‘C’ back cut yang membentuk sudut 30 derajat. “Bagian ini ketebalannya bebas saja. Tergantung dari radius pertemuan antara batang dan payung klep,” jelas Chandra yang mendambakan pasangan hidup baik hati itu.
SITTING KLEP 5 TINGKAT
Pada dudukan klep atau sitting klep permukaan dalam harus dibikin sudut. Biasa disebut valve seat angle. Ini tergantung mekanik yang menentukan. Mau berapa tingkatan sudut. Yang dilakukan Chandra sih 5 tingkatan sudut.
Dari gambar yang diberikan Chandra, bisa dilihat ada bagian yang diberi nama radius bukan sudut. Katanya bagian ini memang memberi efek radius. “Berdasarkan feeling, besarnya radius 3 mm sampai 4 mm,” jelas pria berkacamata ini.
Selanjutnya bagian 1 yang membentuk sudut 30 derajat dan biasa sisebut top cut atau sudut pelepasan pertama. Tebal bagian ini pada sitting klep yaitu 1 mm.
Kemudian ada bagian yang namanya seat. Membentuk sudut 45 derajat dan ketika klep menutup akan nempel dengan sudut 45 derajat di bibir payung klep. Ketebalan bagian ini pada sitting klep 1,2 sampai 1,5 mm. “Namun prakteknya oleh mekanik dibikin hanya 0,5 mm. Dimaksudkan supaya lebih ringan bergesekan,” ucap Chandra.
Ada juga lagian bagian sitting klep yang membentuk sudut 60 derajat. Disebut undercut approx. Bagian ini akan bertemu dengan sudut 30 derajat di payung klep. Akan tercipta suatu velocity. Atau kecepatan tiba-tiba bila klep membuka. Bagian ini bisa diset 2,5 mm.
Ada dua lagi bagian sitting klep. Yaitu yang membentuk sudut 80 dan 90 derajat. Bagian ini memanfaatkan sisa dari ketebalan dudukan klep. Supaya lebih tebal dan tidak pecah.
Terakhir, ada bagian yang namanya venturi. Ini bagian dalam dari daimeter klep. Besarnya 0,85 sampai 0,90 dari diameter payung klep. Jika klep 31 mm maka 0,0 x 31 = 27,9 mm.
sumber
* Share this:
* StumbleUpon
* Digg
*
This entry was posted on August 1, 2009 at 2:55 am and is filed under News with tags mesin, tips, trik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed You can leave a response, or trackback from your own site.
Like
Be the first to like this posT.
6 SPED
Thursday, January 13, 2011 9:14 AM
« Atur Katup Dan Sitting Klep
Sayang Kepala Sayang Segalanya »
Trik 6 Speed
2318hal8_supra6speed_boyo1.jpgBukan suatu yang aneh jika tunggangan balap liar sarat dengan trik. Cara smart mencari celah kelemahan motor lawan. Apalagi regulasi motor balap liar itu buram alias nggak jelas seperi balap resmi. Semua motor bisa gas pol.., rem pol…
“Yang penting jenis motor sama atau masih dalam satu varian. Selain itu, tampilan motor harus dominan standar. Tapi balap ini nggak menutup kemungkinan adu beda varian dan tergantung gimana kesepakatannya,” buka Robby Bontot mekanik Bontot Motor Sport di Jl. Amal, No. 37, Pondok Bambu, Jakarta Timur.2319hal8_supra6speed_boyo2.jpg
Makanya biar bisa tarung dengan motor sejenis atau beda varian, Bontot melakukan trik yang bisa dikatakan fenomenal. Pasalnya tuner motor drag resmi ini sukses menggarap Honda Supra X 100 jadi 6 speed atau 2 gigi lebih banyak dari standarnya. Fantastis.
Kenapa fantastis, lantaran kebanyakan mekanik baru bisa melakukan ubahan ini hanya sampai pada tahap 5 speed atau naik 1 gigi. Sementara motor berkapasitas silinder murni 97 cc itu masih bisa tambah 2 gigi lagi. Bagaimana dengan crankcase dan silinder. Apakah alami ubahan yang ekstreme?
2320hal8_supra6speed_boyo3.jpgDiakui Bontot kalau Supra X milik Ronny Ambon memang banyak alami ubahan. Sebab menurutnya, mana mungkin ada penambahan gigi girboks tapi tidak diimbangi pembesaran di ruang crankcase. Mau taruh dimana lagi 2 gir rasio tambahannya.
Hanya saja ubahan kali ini tak sekadar atur ulang lubang dudukan ke-2 poros pegangan gigi rasio. Tapi dengan susunan gigi rasio lebih banyak dan panjang, maka ruang bak mesin diperbesar dengan cara menambah paking aluminium setebal 3 mm di antara blok tengah.
Otomatis tebal paking yang memperluas ruang bak mesin memudahkan Bontot menyusun masing-masing perbandingan gigi. Mulai dari gigi 1 sampai 6 hasil comotan dari masing-masing merek, kemudian disusun di dalam as girboks yang tak mau disebut mereknya itu.2321hal8_supra6speed_boyo4.jpg
“Pokoknya semua pakai perbandingan gigi lebih ringan. Dimulai dari gir primer-sekunder dengan perbandingan (17/67). Lalu gigi satu rasionya (14/47), 2 (17/33), 3 (24/28), 4 (25/24), 5 (23/26) dan gigi ke 6 (25/25),” imbuh mekanik yang memulai karirnya dari joki motor drag bike.
Lalu sebagai penyeimbang ubahan di bak girboks, Bontot juga mengatur ulang posisi batang stut kopling agak pendek lantaran rumah kopling makin maju ke bak mesin.
Dan selain mengatur ulang posisi baut pengangan mesin di rangka, doi juga bilang kalau crankcase sebelah kanan itu comot dari motor Cina (Mona). Lantaran pompa oli jadi satu alias enggak terpisah seperti punya Supra X yang batang pompa olinya melintang di lubang setang piston.
Pantas bisa diisi gigi 6 speed. Dan keuntungannya setelah ruang bak girboks lega, volume silinder bisa dibore up lebih gede lagi dan nggak cuma mentok pakai piston Kawak Kaze.
Maksudnya, sekarang ini pakai silinder blok dan head Yamaha Jupiter-Z. Sedang piston pakai punya Tiger 2000 oversize 200 diameter 65,5mm di setang piston Kawak ZX130. Stroke naik 5 mm setelah adopsi kruk-as Honda Karisma.
“Cuma posisi baut pegangan mesin mesti diatur ulang, terutama ke-4 lubang ulirnya. Dan yang paling banyak digeser adalah jarak baut ke atas. Karena tidak diganjal paking seperti blok tengah,” lanjut Bontot sambil jelasin kalau kaki piston Tiger mesti dipotong biar nggak mentok ke setang piston.
sumber
* Share this:
* StumbleUpon
* Digg
*
This entry was posted on August 3, 2009 at 7:16 am and is filed under News with tags mesin, tips, trik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed You can leave a response, or trackback from your own site.
Like
Be the first to like this post
MOBIL BERBAHAN BAKAR AIR
Thursday, January 13, 2011 9:06 AM
Mobil berbahan bakar air adalah mobil hipotetis yang menggunakan air sebagai bahan bakar atau mengubah air menjadi sumber tenaga, tanpa asupan energi jenis lainnya.
Mobil berbahan bakar air tidak berhubungan dengan:
* Mesin uap: mesin uap menggunakan air untuk "menghantar" energi dari api atau sumber panas lainnya ke piston atau turbin yang memutar mesin.
* Mobil hidrogen, meskipun mobil ini sering menggunakan elemen-elemen serupa. Untuk menjalankan mobil hidrogen menggunakan air, energi dari pembangkit tenaga (power plant) digunakan untuk menghasilkan hidrogen dari air menggunakan metode elektrolisis. Hasilnya yang berupa hidrogen dibakar di dalam mesin pembakaran internal atau digabung dengan oksigen untuk menghasilkan air melalui sel-sel bahan bakar. Pada akhirnya, mobil itu sendiri memperoleh energi dari pembangkit tenaga, dengan hidrogen yang berperan sebagai penghantar energi.
* Sistem penambahan mesin dengan bahan bakar hidrogen yang banyak dipasarkan dengan cara curang.
Sebaliknya, mobil berbahan bakar air konon mengambil energi dari air itu sendiri, yang menjadi landasan dari mesin yang berputar terus-menerus (perpetual motion machine). Mobil-mobil berbahan bakar air telah disebutkan dalam buku-buku sejarah, surat-surat kabar, dan majalah-majalah sains populer, dan dalam legenda-legenda urban sejak masa 1800-an. Banyak cerita yang menggambarkan mesin-mesin yang dijalankan menggunakan air, dan gagasan ini diberangus oleh perusahaan-perusahaan minyak besar serta produsen-produsen mobil untuk melindungi keuntungan mereka. Banyak klaim akan sumber tenaga berbahan bakar air (water-fuelled power source) yang dimanfaatkan untuk memperoleh uang dari investor-investor yang mudah tertipu.
Daftar isi
[sembunyikan]
* 1 Energi air
* 2 Rancangan elektrolitik
o 2.1 Karburator elektrolitik Garrett
* 3 Pil bensin dan bahan aditif lainnya
* 4 Klaim-klaim penemuan yang ditutup-tutupi
* 5 Lihat pula
* 6 References
[sunting] Energi air
Pembakaran bahan-bahan bakar konvensional seperti bensin, kayu, dan batu bara mengubah bahan bakar yang dimaksud menjadi zat yang memiliki energi lebih sedikit (lihat entalpi pembentukan). Energi pun dilepaskan. Dalam kasus bahan-bahan bakar fosil, pembakaran bisa diwakili oleh reaksi kimia berikut:
CH4 + 2 O2 → 2 H2O + CO2
Air adalah "limbah"-nya.
Reaksi-reaksi kimia spontan tidak menciptakan energi, tetapi melepaskan energi dengan mengubah ikatan-ikatan yang tak stabil menjadi ikatan energi yang lebih stabil atau dengan meningkatkan entropi. Air adalah senyawa kimia yang terdapat di mana-mana sebagian karena air memiliki ikatan sangat stabil yang tahan terhadap hampir semua reaksi kimia. Agar air bisa ikut serta dalam reaksi yang menghasilkan energi, harus ditambahkan senyawa-senyawa berenergi tinggi. Sebagai contoh, bahan bakar asetilena yang mudah terbakar bisa dihasilkan dengan menambahkan karbit ke dalam air. Namun, jika demikian, karbitlah "bahan bakar"-nya, bukan air.
Secara teoritis, dimungkinkan untuk menghasilkan energi dari air melalui fusi nuklir, tetapi reaktor fusi nuklir sebesar apa pun bukanlah hal yang praktis, apa lagi di dalam mobil.
[sunting] Rancangan elektrolitik
Lihat pula: Elektrolisis
Mesin-mesin berbahan bakar air yang diklaim seringkali mendapatkan hidrogen dengan cara mengelektrolisa air. Sel elektrolisis butuh tenaga listrik. Hidrogen dan oksigen yang diperoleh melalui elektrolisa ini dapat dibakar, tetapi untuk mengaktifkan sel elektrolisa saja butuh energi lebih banyak daripada yang bisa didapat dari hasil yang berupa campuran hidrogen-oksigen. Jika tidak, system seperti itu akan serupa dengan mesin yang berputar terus menerus, yang sebenarnya mustahil itu.
Ketika hidrogen dibakar, panas yang dihasilkannya dapat diubah menjadi usaha oleh mesin mobil konvensional empat tak, tetapi efisiensi mesin-mesin seperti itu dibatasi oleh hukum termodinamika kedua dan kemungkinan hanya sebesar 20%.[1][2] Karena motor listrik konvensional tak menggunakan panas, secara teoritis efisiensi motor seperti ini mendekati 100%. Motor berefisiensi 94% dengan tenaga yang cukup untuk menggerakkan mobil sudah banyak.[3]
Salah satu variasi dari tipuan mobil bertenaga air adalah sel bahan bakar air Stenley Meyer, yang mengklaim bahwa hidrogen dan oksigen diproduksi oleh sejenis elektrolisis yang misterius. Rancangan ini juga menjadi mesin yang berputar terus-menerus dan menyalahi hukum pertama termodinamika.
[sunting] Karburator elektrolitik Garrett
Henry Garrett dari Dallas, Texas konon mendemonstrasikan suatu mobil berbahan bakar air, yang dilaporkan pada 8 September 1935 di surat kabar Dallas Morning News.[rujukan?] Mobil itu menghasilkan hidrogen melalui elektrolisis sebagaimana yang bisa dilihat dengan mempelajari paten milik Garret, yang diterbitkan pada tahun itu juga.[4] Paten ini mencakup gambar yang memperlihatkan karburator yang serupa dengan karburator berpelampung biasa tetapi dengan pelat elektrolisis di bagian bawahnya, dan di tempat yang terdapat pelampung untuk menjaga tinggi air.
Paten Garrett gagal mengidentifikasikan sumber energi baru, jadi energi dari aki mobilnya mungkin digunakan untuk mengelektrolisis air menjadi hidrogen, yang kemudian dibakar. Hidrogen dapat diperoleh dari air melalui elektrolisis dengan efisiensi sebesar 50 - 70%.[5] Pembakaran hidrogen akan diubah menjadi energi kinetik putaran oleh motor dengan efisiensi sebesar 25 - 30%. Oleh sebab itu, hanya 10 - 15% energi yang diambil dari aki untuk elektrolisis yang bisa digunakan untuk mengisi ulang akinya walaupun mobilnya tak bergerak. Walaupun mobil ini bisa berjalan sebentar, tak lama kemudian akinya akan habis hingga elektrolisisnya terhenti dan mobilnya pun akan berhenti. Akan jauh lebih efisien jika akinya hanya digunakan untuk menjalankan motor listrik, sebagaimana yang sekarang ini diterapkan oleh mobil-mobil bertenaga baterai. Namun, mobil seperti ini baterainya harus diisi ulang.
[sunting] Pil bensin dan bahan aditif lainnya
!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Pil bensin
Yang berhubungan dengan tipuan mobil berbahan bakar air adalah klaim bahwa bahan-bahan aditif, sering berbentuk pil, mengubah air menjadi bahan bakar yang bisa digunakan. Ingat bahwa pada lampu karbit, suatu bahan aditif berenergi tinggi menghasilkan bahan bakar yang bisa terbakar. Pil bensin ini konon sudah didemonstrasikan pada kendaraan berukuran sebenarnya, sebagaimana yang dilaporkan pada 1980 di Mother Earth News. Sekali lagi, air itu sendiri tak bisa memberikan energi apapun dalam proses itu, aditif atau pilnyalah bahan bakarnya.
Suatu artikel sains populer di New Scientist pada Jili 2006 menjabarkan mesin jenis baru dengan judul menyesatkan Suatu Tangki Bahan Bakar Penuh Air (A fuel tank full of water).[6] Belakangan, New Scientist memuat surat yang mengritik mereka karena membuat "klaim sensasional yang tak masuk akal" dan menunjukkan bahwa mesin itu sebenarnya menggunakan boron sebagai bahan bakarnya.[7] Dalam hal ini, bahan bakar itu adalah sodium borohidrida, suatu senyawa yang melepaskan oksigenjika bersentuhan dengan air:
NaBH4 + 4 H2O → NaB(OH)4 + 2 H2
Hidrogen terbakar di udara (untuk menghasilkan air):
2 H2 + O2 → 2 H2O
Beberapa senyawa kimia bisa melepas hidrogen jika dicampur air, tetapi pada semua kasus, energi yang dibutuhkan untuk memproduksi senyawa seperti itu melebihi energi yang diperoleh dari pembakarannya.
[sunting] Klaim-klaim penemuan yang ditutup-tutupi
Para "penemu" mesin-mesin berbahan bakar air sering mengatakan bahwa teknologi itu sudah ada sejak lama tetapi diberangus secara internasional oleh para produsen bahan bakar konvensional seperti perusahaan-perusahaan minyak.[8] Pendaftaran hak paten tak memberangus suatu penemuan karena semua isi hak paten bisa diperiksa oleh publik.
[sunting] Lihat pula
* John Kanzius
* Sel bahan bakar air Stanley Meyers
* Pil bensin
* Kendaraan hidrogen
* Injeksi bahan bakar hidrogen
[sunting] References
1. ^ Physics In an Automotive Engine
2. ^ Improving IC Engine Efficiency
3. ^ Washington University Extension Energy Solutions Database
4. ^ U.S. Patent 2006676
5. ^ Hyweb:Hydrogen in Energy Sector Chapter 3
6. ^ Adam, David (2006-07-29). "A fuel tank full of water". New Scientist: p. 35. http://www.newscientisttech.com/channel/tech/mg19125621.200-a-fuel-tank-full-of-water.html. Diakses pada 1 Maret 2007. "Lupakan mobil-mobil berbahan bakar alkohol dan minyak sayur. Tak lama lagi Anda bisa menjalankan mobil bukan dengan zat lain-lainnya, tetapi hanya dengan air di dalam tangki bahan bakar mobil Anda. Mobil seperti ini akan menjadi mobil tanpa emisi terhebat."
7. ^ Wilkins, Lucas (2006-08-12). "Water is no fuel". New Scientist: p. 19. http://www.newscientist.com/article/mg19125640.600-water-is-no-fuel.html. Diakses pada 1 Maret 2007. "Mengapa klaim tak masuk akal seperti itu dianggap perlu dipasang pada judul dan ditulis di bagian awal artikelnya? Mengatakan bahwa mobil yang dimaksud oleh artikel ini berbahan bakar air sama saja dengan mengatakan bahwa mesin pembakaran internal ini berbahan bakar udara ... bahan bakarnya boron."
8. ^ WaterPoweredCar.com — situs yang mempopulerkan banyak teori konspirasi termasuk pemberangusan teknologi mobil berbahan bakar air
Diperoleh dari "http://id.wikipedia.org/wiki/Mobil_berbahan_bakar_air"
Kategori: Urban legend | Mesin-mesin alternatif | Sains bohongan | Teori konspirasi
CARA MENGIRIT BBM
Thursday, January 13, 2011 9:03 AM
1.Cek tekanan ban
Apabila tekanan angin kurang dapat menimbulkan keborosan BBM 10-15%. Jadi pastikan tekanan ban di motor kesayangan selalu tepat sebelum mengendarainya.
2.Aturlah jarak main rem
Jangan telalu rapat, karena dikhawatirkan kampas rem jd menempel.
Apabila rem sampai menempel, tentu akan bikin lari motor jadi berat. Sehingga pemakaian bensin tidak sesuai sama jarak tempuh motor. Aturlahr jarak main tuas rem motor baik depan maupun belakangminimal 1/3 dr jarak main tuas secara keseluruhan.
3.Pelumas
Daya lumas oli yg baik, mampu membuat kitiran mesin lebih enteng serta dapat menjaga kompresi di ruang bakar sempurna. Ini akan menciptakan power mesin lebih optimal. Sehingga lari motor lebih cepat (jarak tempuh jauh), namun bensin hemat. Ingat pengantian oli yang rutin dan tak melebihi batas servis yang dianjurkan (tiap 2.000-2.500KM),akan membuat performa mesin selalu segar dan putarannya menjadi lancar.
4.Setel Klep
Celah klep terlalu longgar atau rapat bisa bikin tenaga mesin turun. Pengendara pun cenderung membetot gas lebih dalam demi meraih akselerasi cepat.Efeknya, BBM banyak terpakai. Untuk itu, kerenggangan komponen ini harus disetel tepat. sesuai spesifikasi motor masing.
5.Setel kopling
Jangan sampai terlalu sensitif. Maksudnya, saat tuas kopling ditekan, gigitan kampas kopling jadi cepat ngelos. Hal ini bikin kopling mudah selip saat gas dipelintir. Lari motor pun jadi tertahan, tapi putaran mesin meninggi. Selain itu, pastikan pula kondisi kampas kopling masih berperforma baik.Bisa sudah tipis/aus segeralah ganti baru.
6.Busi
Umur kerja busi,efektifnya sampai jarak tempuh 6.000-7.000KM. Lebih dr itu, performa busi mulai menurun. Hasil pembakaran di ruang bakar juga menurun.Alhasil pemakaian BBM menjadi boros.Sebab campuran gas jadi tak terbakar dengan sempurna. Tenaga mesin pun loyo. Bila umur busi masih efektif, rajin – rajinlah dibersihkan saat servis rutin. Sebab bila elektroda busi sampai diselimuti kerak, bisa menurunkan kualitas percikan busi. Selain itu, atur pula kerenggangan elektroda busi sesuai spesifikasi yg dianjurkan.
7.Servis/setel karburator
Dianjurkan tiap kali servis rutin guna menghindari spuyer atau saluran bensin tersumbat kotoran. Sehingga selalu didapap efek pengabutan bahan bakar yg sempurna. Selain itu, setelan ketinggian pelampung, sekrup udara atau pilot air screw jg sangat mempengaruhi hasil pembakaran mesin.bila dilakukan tepat,dapat memperbaiki power mesin hingga 0,5dk, dan tentu berdampak bikin irit konsumsi BBM.
8.Menaikan kompresi
Ini langkah meningkatkan torsi mesin di putaran bawah.jd saat berakselerasi awal, rider tidak perlu buka gas terlalu dalam, bensin pun irit. Tentu proses peninggian kompresi mesin tak ekstrem harus papas head. Melainkan cukup mengurangi ketebalan paking atau mengganti pistone berdome tinggi.
9.Upgrade sistem pendinginan
Stabilitas suhu mesin sangat mempengaruhi performa dapur pacu. Makanya, akali dengan memasang oil cooler. Untuk motor penganut sistem pendingin cair seperti honda vario,CBR 150, kawasaki ninja dan lainnya, bila ingin sihu radiator dan mesin tetap terjaga ideal saat motor terjebak macet, bisa menambahkan kipas pendingin.
10.Upgrade mesin
Ditujukan buat motor berjam terbang tinggi, sebab komponen bergerak di dalam mesin pasti banyak yg aus. Misal ring piston lemah,clearence piston sudah terlalu longgar dan lainnya.Cukup mengembalikan kepresisian komponen - komponen itu jadi normal lagi. Maka selain tenaga mesin meningkat, pemakaian BBM juga lebih irit.
11.Gunakan fuel saver
Tidak salah, jika mau aplikasi part - part pengirit bensin seperti
-power FX
-femax
-ring bensin
-dan sebagainya
sebab berdasarkan hasil riset, part- part itu memang terbukti mampu menekan pemakaian bensin hingga 10%.
12.Upgrade pengapian
Busi berperan penting bagi tenaga mesin.nah,ada beberapa cara untuk meningkatkan kualitas percikannya. Contoh adopsi peranti pengapian berspesifikasi high performance macam booster koil atau koil racing. Langkah ini sudah di buktikan mampu membuat irit konsumsi BBM di motor.
13.CDI Racing
Mengingkatkan power mesin sekaligus ngirit bensin, lewat mengatur ulang timing pengapian. Umumnya dibuat lebih maju dari timing standartnya. Paling mudah, ganti otak pengapian dengan CDI tipe racing. Dari hasil test, penerapan langkah ini terbukti mengefisiensikan pemakaian BBM hingga 15% lo.
14.Ringankan beban motor
Motor yg berat membuat lari ikut berat. Pengendara jadi sering memilintir gas dalam – dalam saat mau berakselerasi cepat. Jadi sebaiknya hindari pemakaian aksesoris berlebihan yang dapat membuat bobot motor bertambah.gunakan variasi yang berbobot enteng/ringan. Misalnya pelek alumunium, swing arm dan sebagainya.
15.Cara berkendara
Semua cara mengirit BBM ini akan percuma bila tak dibarengi cara berkendara yg benar. Kalau Anda suka mengebut,sering memblayer gas saat motor berhenti, sering main selip kopling dan sebagainya. Sebaiknya, Jalankan motor dengan kalem, mengurut gas perlahan-lahan waktu berakselerasi, memposisikan perseneling pada kondisi kecepatan dan putaran mesin yang pas, dijamin konsumsi BBM Anda akan jauh lebih irit.
Label: otomotif
memasang Nozz
Thursday, January 13, 2011 8:55 AM
Posted by triatmono in Otomotif, Parts.
trackback
i
Most Popular Content All | Today | This Week | This Month
* Catalytic Converter,… hubungannya dengan penurunan performance …!!!Rated 5/5 (21 Votes)
* Kalau mau recall,... kudu gentleee donk... jangan diem-diem... !!!Rated 5/5 (15 Votes)
* Test Ride Honda New Megapro ...!!!Rated 5/5 (14 Votes)
create your own rating
Quantcast
25 Votes
Quantcast
NOS mah..sebutan kita aza mengenai Nitrous Oxide… Jadi NOS, Nitrous Oxygen System, suatu perusahaan yang memproduksi Nitrous Oxide buat keperluan otomotif (bisa car atau motorcycles..). Nitrous Oxide (N2O) secara kimia.. (CMIIW) terdiri dari 2 atom Nitrogen dan 1 atom Oksigen. Pertama kali ditemukan pada saat World War II, yang digunakan pesawat tempur Jerman.. (dikenal sebagai ‘GM-1′ red.) yang langsung diaplikasikan ke intake, saat pesawat berada pada ketinggian tertentu.. mengingat oksigen pada ketinggian tersebut berkurang…!!! Demikian juga British Royal Air.. juga menggunakan Nitrous Oxygen… mengikuti pesawat tempur Jerman…!!! :D
Nitrous Oxygen pada suhu 300 derajat celcius, akan memecah menjadi nitrogen dan oksigen. Nitrous Oxygen mengandung 36% kandungan Oxygen… dibandingkan dengan udara yang hanya 23%. Pada tekanan yang sama…Nitrous Oxygen lebih padat 50% dibandingkan udara. Dan hebatnya.. pada suatu cubic yang sama … Nitrous Oxygen mengandung oksigen 2.3 kali lipat dibandingkan udara biasa.
Cara kerjanya sih simple aza.. pada kecepatan optimal.. (dalam artian power sudah maksimal.. gigi udah mentokk…) NOS disalurkan… kedalam intake teruz ke internal combustion chamber dan sewaktu dimampatkan oleh piston… dan ‘bang’ terjadi pengapian.. effectnya tercipta oxygen yang begitu besaar.. ditambah dengan bensin yang poooll.. juga meningkatkan compression ratio.. dan tentu saja power.. karena ‘bang’ nya begitu kuat… maka torsinya pun besar… (‘effect kejanggut setaan..’).. imbasnya power juga naik.. dan toop speed bertambah… :D
Teruz.. ada aturannya nggak make NOS…??? Yah tentulah… kalau oksigen super banyak.. dan bensinnya kecil.. (nggak imbang), maka jadinya parah… nembak-nembak.. or bahkan rusak tuh piston.. Penggunaan yang bener.. pasti bakalan mendongkrak power.. dan dosis kecil saza bisa mendongkrak power 25-35%… Lebih dari 35% kudu punya partz yang didesign khusus.. seperti forged pistons, connecting rods, bearing dsb..!!!
Gue jadi teringat dengan salah satu bro yang mau pasangin NOS di motornya.. :P Check dulu tuh engine kuat nggak.. diguyur NOS.. khan tahu sendiri.. engine motor kecil.. kualitasnya nggak didesign buat nampung NOS lebih dari 35%… so itung-itung dulu daagh… !!! :D
* Share this:
*
*
Like
Be the first to like this post
satria fu
Wednesday, January 12, 2011 4:31 PM
Modif Mesin Motor Untuk Balap Liar Suzuki Satria fu150
42 Comments
Tags: balap liar, modif mesin, Modifikasi Balap, modifikasi motor, satria fu150, suzuki
Posted 28 May 2010 in Modifikasi Balap
Berikut ini bocoran seting balap liar buat pemilik suzuki satria fu150 dari hku racing motorsport. Banyak yang bilang di dunia persilatan balap liar yang keras, kapasitas mesin mesti jadi semrawut alias gila-gilaan. Layaknya persaingan lainnya, balap liar terkesan cuma mengenal satu pakem “sing penting menang!”
Nah, buat yang mau mencoba sensasi balap liar tapi apa daya motor juga dibuat harian ato kepasar, hehehe… jangan kuatir, silahkan simak tips modifikasi mesin ini…
Mesin Suzuki Satria yang berkapasitas 150cc hasil dari perkawinan piston diameter 62mm dan stroke 48,8mm dengan perbandingan kompresi 10,4 ini harus kita rombak spesifikasi-nya jika anda memang berniat menjadi raja jalanan. Yang pertama mesti dilakukan adalah… Siapin duit dulu! Kan kalo gk ada duit mana bisa modif… :)
Ok lah, saya anggap duit sudah ditangan. Selanjutnya kita akan merubah spek mesin menjadi stroke 61,8mm hasil dari stroke standar yang dinaikkan langkahnya 6,5mm dan piston 65mm merek hispeed yang sudah ada coakan klep buat 4klep.
Kalo dihitung kapasitas mesin nya menjadi :
V = 0,785 x 65 x 65 x 61,8 = 204,9cc
Nah, kapasitas segini sudah bisa buat turun drag resmi di kelas bebek 4tak sampai dengan 200cc Mantaff…!!!
Oya, jangan lupa stroke yang naik 6,5mm ini membutuhkan paking blok bawah aluminium setebal 4,5mm. Kemudian piston di buat dome dengan ketinggian 1mm saja lalu pangkas head sebanyak 0,5mm.
Ngomongin head pasti ngomongin klep juga… Langsung aja hajar klep standar (23-19) dengan klep ukuran 25 intake dan 21 exhaust. Kalo ada kesulitan di bagian ini bisa langsung kontak saya untuk bantuan dan pemesanan.
Kemudian jangan lupa juga noken as di modif sehingga memiliki lift 7,8mm dengan durasi 280 intake dan 276 exhaust. Langkah berikutnya, masih seputaran head, jangan lupa porting in dan ex menjadi lingkaran, kan standar nya oval… Porting dengan diameter saluran intake 28mm dan exhaust 27mm.
Untuk pegas klep pakai standar saja karena masih cukup kuat koq. Masalah penyaluran tenaga alias kopling dan per kopling, bisa diganti dengan produk racing.. Pasti oke..
Pastikan juga magnet terkena bubut melingkar 1,5mm biar enteng dan menunjang akselerasi nantinya. Berikut masalah karburator. Disini cukup pake karbu NSR SP berdiameter 28mm, jangan besar2 karbu nya, ntar susah cari lawan… Hheheheeeehhee… ;)
Setting pilot jet 42 dan mainjet 125. Putaran angin 1,5putaran. Lalu untuk urusan pengapian, serahkan saja pada cdi rextor – boleh yang adjustable atau yang programable – setting dari 15 derajad sampe 38 derajad di rpm 9000. Limiter dipatok di rpm 14000 saja sedangkan untuk gigi rasio alias transmisi pake standar saja gak masalah.
Terakhir… dan ini yang paling penting di modif balap liar ini… Kalo sudah selesai menjalankan langkah-langkah modifikasi suzuki satria fu150 diatas, maka sekarang adalah waktunya cari duit dan Tetaplah sehat biar bisa kebut-kebutan tiap hari… Hehehehe… :D
Popularity: 100% [?]
Links
Share |
Tags: balap liar, modif mesin, Modifikasi Balap, modifikasi motor, satria fu150, suzuki
Posted 28 May 2010 in Modifikasi Balap
by hkuracing
Top incoming search terms for this post
Tags: balap liar, modif mesin, Modifikasi Balap, modifikasi motor, satria fu150, suzuki,
balap liar – modifikasi honda blade – noken as – noken as racing – modif vixion – motor road race – upgrade cs1 – balapan liar – hku racing surabaya – satria fu drag – modifikasi vixion – satria fu 150 modification – Modifikasi cs1 – noken – cs1 drag – motor balap satria fu – cara bubut noken as – satria fu 150 – vixion modif – MODIF honda blade –
previousModif Motor Yamaha Vixion stage#1
nextSistem ADS Automatic Decompression System Sepeda Motor
42 Comments
« Previous 1 2 3