Kamis, 03 Maret 2011

Bubut Noken As Bikin Motor Kenceng?

Bubut Noken As Bikin Motor Kenceng?

Salah satu cara yang biasa dilakukan untuk bikin motor kenceng  alias menambah performa motor adalah dengan melakukan papas noken as atau bubut noken as.  Dengan merubah pola, sudut, & tinggi noken as maka fungsi buka – tutup klep intake dan exhaust bisa diatur supaya sesuai dengan waktu yang diinginkan.  Maka lewat papasan atau bubut noken as ini kita bisa mengubah performa motor secara signifikan.
Noken as atau camshaft memang salah satu rahasia korekan motor 4tak.  Namun harus dipahami dulu dasar mesin dan filosofi nya mengapa sampai kita harus melakukan custom noken as dari sebuah mesin.
Noken as sebagai pengatur suplai bbm masuk ke ruang bakar, tentunya di ruang bakar akan kita jumpai istilah kompresi rasio, diameter piston, stroke, maen rpm brp dan diameter klep atau valve.  Meng-custom noken as tidak asal main grinding sana sini.  Berapa lift dan durasi sangat erat kaitannya dengan perbandingan kompresi, diameter piston, valve, porting serta perlu diperhatikan juga akan menggunakan karbu berventuri berapa.  Tak lupa mesin ini nantinya bermain di sirkuit seperti apa.
bubut_noken_as_picture_jpgNoken as memang bisa mendongkrak power motor jadi lebih hebat itu benar… Tapi mesti diketahui juga, ini jika mesin memang membutuhkan lebih.  Namun apabila mesin ternyata sudah merasa cukup, lalu anda custom..  Maka yang terjadi bukannya peningkatan power, malahan penurunan power… ;)
Satu lagi yang perlu juga kita perhatikan adalah dampak pemakaian.  Maksud dari dampak pemakaian disini, noken as akan terkikis kisaran nol-koma sekian mili akibat pemakaian.  Keausan ini diperparah jika anda memakai per klep yg terlalu keras, dan kualitas oli yg buruk.  Tapi selama kualitas oli baik dan per klep tidak terlalu keras (kecuali utk even drag ato race) maka, noken as tetap terjaga keawetannya.
Terakhir sekalian promo gpp dong… :)  HKU Racing saat ini sudah memproduksi noken as custom racing dan tersedia dalam 2 tipe.  Yang pertama noken setengah matang, dimana profil noken masih super gemuk khusus buat mekanik yang ingin meracik sendiri.  Produk kedua adalah noken as siap pake, dimana pemesan bisa langsung memasang ke motor garapannya.  Untuk noken as tipe terakhir ini tentunya saya akan meminta data-data mesin terlebih dahulu, seperti diameter piston, diameter valve, stroke, dll.
Ok brows.. (maksudnya bro-bro semua) jadi sekarang jangan terus horny ya pengen bubut noken as kamu sebelum paham dan kenalin mesin terlebih dahulu.  Kalo itu sudah dilakukan maka seberapa perlu anda meng-custom akan terlihat.
Popularity: 85% [?]

MODIFIKASI BALAP HONDA CS1

MODIFIKASI BALAP HONDA CS1 2008 SURABAYA

DOHC 184CC

Lagi seputar oprek honda CS1, dan kali ini motor CS1 yang ditujukan buat balapan drag bike.  Artikel modifikasi balap Honda CS1 ini sendiri sudah pernah dimuat di Oto Plus, bulan April 2010.  Siapa tau ada yang belum sempat baca, bisa simak artikel ini sampai tuntas :)
modifikasi-balap-honda-cs1-oprek-oto-plus
Fenomena head swap (ganti head) kian ramai. Jika sebelumnya Honda CB100 atau GL jadi korban, Hermanu dari Hku Racing Motorsport Surabaya memilih memodifikasi extrem Honda CitySport1.
”Lagi coba arah modifikasi extrem untuk drag.  Saat ini sedang riset Honda CS1 untuk kepentingan drag bike,” papar Hermanu yang tahu seluk beluk mesin Honda ini.
CS1 kilikan Hermanu ini pun sudah mengalami Head Swap. Bukan hanya itu, kapasitas mesin pun naik 47% dari kapasitas aslinya. Volume silinder CS1 asli yaitu 125cc, ”sekarang kapasitasnya 184cc, naik 59cc dari aslinya,” urai Hermanu mantan Instruktur Honda ini.  Kapasitas segitu didapat dari pengalian piston Tiger berdiameter 63,5mm dengan stroke 58,2mm.
Tentu mencoba kelas Bebek 4Tak sampai dengan 200cc tidak hanya modal volume mesin. Korekan kudu menunjang. Basis awal kepala silinder CS1 yang hanya 2 klep ditukar dengan Honda CBR150 dengan teknologi DOHC 4klep dalam satu silinder. Persilangan tersebut menghasilkan rasio kompresi 13,7 : 1.
Kemudian durasi kem pun turut dimainkan demi memenuhi permintaan isapan piston tiger. Kem masuk dibuat 260 derajad sedangkan noken as buang digerus sampai menghasilkan 265 derajad. ”untuk menjaga keamanan lift valve tidak dibuat terlalu tinggi, cukup 7mm dulu,” ungkap mekanik yang lagi riset vixion drag, serta spesialis CBR150 dan Satria fu150 ini.
Sementara ini CS1 DOHC 184cc ini masih mampu menempuh waktu 8,9 detik menggunakan time resmi di lintasan 201m. Target selanjutnya mencari waktu 8 detik bersih. ”tentu harus riset lagi, pelan tapi pasti.” tutupnya.
Data modifikasi
Piston Tiger ; rasio kompresi 13,7:1 ; klep masuk 25mm ;klep buang 21mm ; CDI Rextor monster ; timing 15 derajad samapi 37 derajad ; rpm 13000 ; karburator Mikuni TM34mm ; tuner hku racing motorsport.
Selain modifikasi cs1 untuk balap drag bike ini tunggu juga artikel saya selanjutnya seputar oprek yamaha v-ixion.  Oya kolom komentar juga sudah dibuka sob…  silakan post kan komentar anda disitu biar lebih semangat nulisnya ;)
Popularity: 52% [?]

RESTOR DATA

Daftar isi

Backup harian otomatis

Di server hosting berbasis Spanel, proses backup lokal harian yang dijalankan oleh sistem secara otomatis telah membackup database Anda secara rutin. Hasil backup adalah file <NAMADB>.sql.gz yang terletak di subdirektori mysql/ di account Anda. <NAMADB> adalah nama database MySQL Anda. .sql.gz adalah format SQL yang dikompresi dengan gzip, dapat diekstrak di Unix maupun Windows. File ini dihasilkan dengan perintah mysqldump dan opsi antara lain --add-drop-tables dan Anda bisa tinggal mengkopi/mendownload file ini ke komputer Anda menggunakan fasilitas Kelola File control panel hosting, atau FTP, atau scp.

Melakukan backup manual

Jika Anda butuh untuk melakukan backup sendiri secara manual, Anda dapat menggunakan phpMyAdmin atau mysqldump via console (SSH):

menggunakan phpMyAdmin

XXX (note: opsi --add-drop-tables).

menggunakan mysqldump

XXX

Melakukan Restore

Hasil backup berbentuk file .sql atau .sql.gz dapat langsung diumpankan ke MySQL menggunakan phpMyAdmin atau program klien console mysql. Proses ini akan menghapus tabel (DROP TABLE) yang ada saat ini di database lalu membuatnya (CREATE TABLE) dan mengisinya kembali (INSERT INTO) berdasarkan informasi yang ada di file SQL tersebut.

menggunakan phpMyAdmin

menggunakan program console mysql

XXX

memilih restore dari histori backup

Karena satu dan lain hal (misalnya ada kerusakan data, ada kecelakaan sehingga data hilang) kadang kita ingin kembali ke kondisi database pada waktu lampau. Di server hosting berbasis Spanel, tersedia histori backup hingga 3 bulan ke belakang. Termasuk dalam histori backup ini adalah database MySQL.
Untuk mencari backup database versi lampau ini, kita perlu login ke control panel hosting lalu ke Kelola File. Lalu pindahlah ke direktori /mysql. Lalu pada pilihan volume, pilihlah Backup Terbaru, atau Histori Backup pada tanggal tertentu. Setelah itu download atau kopi-pastekanlah filenya ke lokasi lain.

restore sebagian tabel saja

XXX (perlu mengedit dulu file .SQL-nya)